DATSUN MELUNCURKAN DATSUN GO+ PANCA UNTUK KONSUMEN INDONESIA

  • Produksi lokal untuk konsumen Indonesia dimulai hari ini di pabrik baru Nissan di Purwakarta
  • Pemesanan untuk kendaraan MPV 5+2 pertama di kelas LCGC dibuka hari ini dengan harga mulai Rp 85 juta – Rp 103 juta; waktu pengiriman dimulai bulan Juni
  • Datsun GO+ akan menggunakan nama Indonesia, yaitu “Datsun GO+ Panca”

JAKARTA, Indonesia (8 Mei 2014) – Datsun, salah satu brand Nissan Motor, pada hari ini meluncurkan mobil Datsun pertama untuk pasar Indonesia, Datsun GO+, yang dilakukan di pabrik baru Nissan di Purwakarta. Pabrik baru seluas 60.000 m2 ini akan didedikasikan guna memproduksi mobil Datsun untuk pasar Indonesia, pabrik ini dilengkapi dengan proses perakitan mesin, body, pengecatan, trim dan chassis.

Vincent Cobee, Global Head of Datsun mengatakan, “Hari ini kami merayakan peluncuran Datsun GO+ Panca di Indonesia. Datsun merupakan brand yang memiliki tempat spesial di hati pencinta mobil di Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyaknya klub Datsun yang masih aktif hingga saat ini sejak tahun 1970an. Kami sangat senang menyambut para penggemar dan pemilik mobil Datsun lama serta generasi masa kini yang menginginkan sebuah kendaraan keluarga yang handal yang dapat menggabungkan semua harapan pengemudi dari sebuah mobil; memberikan pengalaman mengemudi dan kepemilikan yang worry-free, biaya yang kompetitif, service yang mudah terjangkau dengan harga yang transparan dan dealer yang tersebar luas.”

Pada saat peresmian pabrik baru, Nissan Motor Indonesia juga mengumumkan partisipasinya dalam program Low Cost Green Car yang sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah. Sebagai salah satu persyaratan dari LCGC program, nama resmi brand Datsun di Indonesia adalah Datsun Nusantara sedangkan nama resmi produk terbarunya adalah Datsun GO+ Panca.

Kata “Panca” berasal dari nama Datsun GO – dalam Bahasa Jepang GO dapat diartikan sebagai “lima” dan Panca juga memiliki arti “lima” dalam Bahasa Indonesia. Huruf “+” dalam penamaan Datsun GO+ merefleksikan ruang extra di baris ketiga yang dapat dipergunakan untuk penumpang ataupun sebagai bagasi tambahan, sehingga menjadikannya MPV 5+2 penumpang yang dapat mengakomodasi dua penumpang tambahan.

Datsun GO+ Panca menjadi yang terbaik dalam hal harga dan nilai yang diberikan di pasar kendaraan MPV dan LCGC di Indonesia. Konsumen Indonesia dapat melakukan pemesanan mulai hari ini untuk mendapatkan mobil baru, dengan jadwal pengiriman yang akan dilakukan mulai Juni 2014.

Mobil lima-pintu, MPV 5+2 Datsun GO+ Panca dibekali dengan mesin berkapasitas 1,2 liter 68 hp yang berpadu sempurna dengan transmisi lima percepatan manual. Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 85 Juta on the road Jakarta, Datsun GO+ Panca akan merevolusi segmen ini sebagai yang paling nyaman di kelasnya, satu-satunya model yang menawarkan kabin ekstra lega dan fleksibilitas baris ketiga di harga ini.

Menurut Cobee, Datsun menawarkan sebuah kendaraan baru dan modern yang handal, terjangkau dan persis seperti apa yang diinginkan oleh konsumen Indonesia – para risers – dari sebuah mobil keluarga. Datsun GO+ memiliki kursi baris pertama yang terhubung, speed-sensing wiper system, Multi Information Display dan follow-me-home headlights, sebuah fitur terbaru yang hanya akan ditemukan pada kendaraan kelas atas. Mobile docking station yang memungkinkan pengendara untuk menyambungkannya ke perangkat elektronik untuk meningkatkan kenyamanan dan berbagai pilihan aksesoris dengan harga terjangkau untuk menambahkan sentuhan akhir yang lebih personal pada mobil baru pertama mereka.

Toru Hasegawa, Corporate Vice President, Nissan Motor Indonesia and President Director PT Nissan Motor Indonesia, mengucapkan, “Ini adalah momentum yang sangat membanggakan bagi kami di Nissan, dengan dikeluarkannya sertifikasi LCGC dan diluncurkannya Datsun GO+ Panca di Indonesia. Hal ini menjadi langkah baru untuk menunjukan komitmen kami terhadap Indonesia dan Saya percaya Datsun GO+ Panca akan mampu mengambil tempat di hati konsumen kami di sini.”

Harga yang ditawarkan untuk ketiga tipe Datsun GO+ Panca dimulai dengan harga Rp 85 juta hingga Rp 103 juta on the road Jakarta akan hadir dengan lima pilihan warna. Datsun GO+ Panca akan dijual di 39 dealer Nissan dan Datsun, pada akhir tahun fiskal akan tersedia di 95 dealer di seluruh Indonesia.

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT.

Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2012, NMI berhasil meraih 67.699 unit penjualan, sehingga menjangkau 6.0% market share. Dari total 98 diler yang tersebar di seluruh Indonesia, NMI akan memperluas jaringan menjadi 165 diler pada tahun 2016. Melalui pendirian pabrik baru NMI di Purwakarta, Jawa Barat, kapasitas produksi juga meningkat dari 90.000 unit menjadi 250.000 unit per tahun pada akhir 2016; seiring dengan peningkatan jumlah karyawan sebesar 3.300 orang.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

R. I. Hana Maharani Mirah Pertiwi
MANAGER Communications PRODIGY PR
PT. Nissan Motor Indonesia  
P: (021) 858 2323 P: (021) 2567 5790
F: (021) 858 4912 F: (021) 2567 5890
E: hana.m@nissan.co.id E: tiwi@bornprodigy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *