Nissan Meresmikan Pembukaan Pabrik Kedua di Indonesia

  • Nilai investasi untuk pabrik baru di Purwakarta sebesar 33 milyar yen
  • Nissan meningkatkan kapasitas produksi menjadi 250.000 unit/ tahun melalui pabrik kedua ini
  • Nissan menerima sertifikasi program Low Cost Green Car (LCGC)

JAKARTA, Indonesia (8 Mei 2014) – Nissan hari ini meresmikan pabrik barunya di Indonesia. Pabrik kedua di Purwakarta ini adalah hasil dari investasi senilai 33 milyar yen dan merupakan langkah signifikan bagi Nissan untuk menjadi brand terdepan di Indonesia. Investasi ini juga merupakan bagian penting dari perluasan pasar Nissan yang dinyatakan dalam rencana bisnis jangka menengah enam-tahun, Nissan Power 88.

Pabrik seluas 60.000 m2 ini memiliki fasilitas perakitan body, pengecatan, trim dan chassis. Dengan adanya pabrik ini, Nissan mampu meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia dari 100.000 unit menjadi 250.000 unit per tahun, serta memberikan 3.000 peluang pekerjaan untuk masyarakat lokal dan sekitar.

Pada awal produksi, pabrik baru ini akan didedikasikan untuk merakit mobil-mobil Datsun bagi konsumen di Indonesia.

Pada peresmian acara ini, Hiroto Saikawa, Chief Competitive Officer (CCO) Nissan Motor Co., Ltd., menjelaskan pentingnya Indonesia dan sebuah kualitas, “Melalui investasi pabrik kedua di Indonesia dan meningkatkan kemampuan manufaktur global dari Nissan Production Way, kini kami dapat terus memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat,” ujar Saikawa. “Saya sangat yakin bahwa mobil-mobil yang diproduksi di sini akan memiliki kualitas kelas dunia dan akan terus menawarkan produk-produk menarik untuk konsumen kami yang berharga di Indonesia.”

Nissan juga mengumumkan perolehan sertifikasi program Low Cost Green Car (LCGC). Melalui sertifikasi ini, Nissan akan memasuki segmen LCGC yang diharapkan menjadi penggerak perkembangan dunia otomotif di Indonesia.

Indonesia merupakan pasar penting yang strategis bagi tujuan bisnis Nissan global. Nissan berharap dapat menjual lebih dari 90.000 unit di Indonesia pada tahun 2014. Demi mencapai tujuan tersebut, Nissan berencana untuk meningkatkan jumlah dealer dari 100 menjadi 130 dealer sepanjang tahun ini.

“Kami sangat gembira karena dapat meluncurkan pabrik kedua dan mengumumkan keikutsertaan kami dalam program LCGC hari ini,” ujar Toru Hasegawa, Corporate Vice President Nissan Motor Co., Ltd. dan President Director NMI. “Dengan meningkatnya kapasitas produksi dan lisensi program LCGC, kami dapat terus meningkatkan pelayanan dan produk kami untuk konsumen Indonesia. Investasi ini merupakan bukti nyata dari komitmen jangka panjang yang mendalam untuk Indonesia dan konsumen kami di sini.”

Program Low Cost Green Car
Program inisiatif pemerintah untuk membebaskan pajak barang mewah untuk mobil dengan kapasitas mesin kurang dari 1.200 cc dan dengan konsumsi bahan bakar minimum sebesar 20 km/l. Pembebasan pajak juga berlaku untuk mobil-mobil diesel atau semi-diesel yang berkapasitas kurang dari 1.500 cc, dan juga dengan konsumsi bahan bakar minimum sebesar 20 km/l. Besarnya pajak mobil baru saat ini berkisar antara 10 sampai dengan 75 persen, tergantung dari ukuran mesin.

Nissan Motor Co. Ltd

Nissan Motor Co., Ltd., adalah perusahaan otomotif terbesar kedua di Jepang. Memiliki kantor pusat di Yokohama, Jepang, Nissan Motor Co., Ltd. adalah bagian dari Aliansi Renault-Nissan. Beroperasi dengan sekitar 236,000 karyawan secara global, Nissan telah menjual lebih dari 4.9 juta kendaraan dan menghasilkan pendapatan 9.6 triliun yen (sekitar 116.16 miliar USD) di tahun fiskal 2012.

Nissan menghadirkan rangkaian lengkap lebih dari 60 model dibawah brand Nissan dan Infiniti. Pada 2010, Nissan memperkenalkan Nissan LEAF dan terus memimpin di mobilitas nol-emisi. Nissan Leaf adalah kendaraan elektrik murni pertama yang diluncurkan secara global dan saat ini menjadi yang paling laku terjual dalam sejarah.

PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. Sebagai bagian dari Nissan Motor Corporation Ltd, PT. Nissan Motor Indonesia memiliki peran penting dari rencana bisnis global Nissan Power 88 dimana akan terus meningkatkan kekuatan brand dan penjualan untuk menguasai 8% pangsa pasar global dan secara berkelanjutan meningkatkan laba operasional perusahaan rata-rata menjadi 8% di akhir tahun fiskal 2016.

PT. Nissan Motor Indonesia menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Kampanye “Innovation that Excites” yang diusung, menggarisbawahi komitmen Nissan atas produk-produk yang inovatif dengan teknologi terdepan dan penuh semangat. Menaungi 3 brand yaitu Nissan, Infiniti dan Datsun, saat ini PT. Nissan Motor Indonesia memiliki lebih dari 98 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebuah pabrik perakitan berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000 unit per tahun.

Silakan kunjungi website resmi NISSAN di www.nissan.co.idwww.nissan-zone.com, Facebook NISSAN Zone, Nissan Juke Indonesia, Nissan Grand Livina Indonesia atau twitter @NissanID untuk memperoleh informasi terbaru dari PT. Nissan Motor Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Tito Hasiholan Pasribu Anang Samsudin
Ast. Manager Communications PRODIGY PR
PT. Nissan Motor Indonesia  
P: (021) 858 2323 P: (021) 2567 5790
F: (021) 858 4912 F: (021) 2567 5890
E: tito.hp@nissan.co.id E: anang@bornprodigy.com

www.nissan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *